Berita Terkini
  • AMSA Gelar Medical Explore 2014 di Jepang

    Pengurus Asian Medical Students’ Association Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (AMSA-UMI) Makassar mengikuti Medical Explore 2014 di Jepang.

  • Kerjasama Internasional (3)

    Foto bersama Peserta Medical Expo V Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia di Malaysia dengan latar belakang “Twin Tower Petronas” . Peserta sejumlah 50 orang terdiri dari Pimpinan Fakultas (WD 2 & WD 3 FK UMI), Staf Dosen dan Pegawai, Ketua dan Anggota Persatuan Orang Tua Mahasiswa dan Dosen (POMD) FK UMI, Pengurus BEM dan AMSA FK UMI serta Mahasiswa.

  • Lomba Debat English Tingkat Nasional

    Dua kontingen dari Asian Medical Student’s Association (AMSA) Fakultas Kedokteran UMI mengikuti Detection 2012 yang di lakasanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

  • 21 Tahun FK UMI

    Acara pembukaan dilaksanakan pada tgl 15 Mei 2012 di Aula Aisya FK UMI, dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 UMI didampingi oleh WD 3 FK UMI bersama Wakil Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan Presiden BEM FK UMI, FK UNHAS, FK UNISMUH, dan FK Tadulako Palu. Turut hadir saat pembukaan adalan Staf Dosen FK UMI, staf pegawai dan ratusan mahasiswa FK UMI dan mahasiswa delegasi dari berbagai fakultas di UMI dan Fakultas Kedokteran di Sulawesi

  • Kerjasama Internasional (2)

    Foto bersama Peserta Medical Expo V Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia di Singapura dengan latar belakang “Marlion” . Peserta sejumlah 50 orang terdiri dari Pimpinan Fakultas (WD 2 & WD 3 FK UMI), Staf Dosen dan Pegawai, Ketua dan Anggota Persatuan Orang Tua Mahasiswa dan Dosen (POMD) FK UMI, Pengurus BEM dan AMSA FK UMI serta Mahasiswa

Serah Terima Jabatan Wakil Dekan

serah-terima-wd-fk-umiSenin tanggal 14 April 2014 bertempat di AULA Aisyah digelar kegiatan serah terima jabatan Wakil Dekan. Wakil Dekan FK UMI antara lain Dr dr H Nasruddin, SpOG sebagai Wakil Dekan I yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan III, Dr dr Suliati P Amir SpAM sebagai Wakil Dekan II,  Dr Sulhana Mukhtar sebagai Wakil Dekan III dan Drs M Said P MA sebagai Wakil Dekan IV.

Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI Mokhtar Noer Jaya,  Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA, Dekan FK UMI Prof Dr dr Syarifuddin Wahid, Wakil Rektor V  Dr HM Arfah Shiddiq MA para dosen serta pengurus BEM dalam lingkup FK UMI. Read More »

Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah karya ilmiah sederhana yang merupakan sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan sehingga isi dan cara penulisan harus taatpadaprosedur tertentu termasuk pengguruun ragam bahasa ilmiah dan baku. Buku pedoman ini disusun dengan maksud untuk membantu mahasiswa dalam menyusun rencana untuk pelaksanaan penelitiannya secara sederhana serta menuliskan laporan hasilnya dengan cara yang sesuai dengan prosedur, format dan tata cara penulisan yang ditetapkan.
Format dan tata cara penulisan yang termuat dalam buku pedoman penulisan karya tulis ilmiah ( KTI ) ini diharapkan menjadi panduan khusus yang berlaku untuk penulisannya di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim lndonesia, disamping pedoman umum seperti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Dengan demikian, ketiga pedoman ini hendaknya menjadi kesatuan rujukan bagi mahasiswa. Agar tetap dapat dipertahankan adanya keragaman sebagai ciri suatu karya ilmiah, maka dalam penulisan laporan penelitian sederhana yang berbentuk karya tulis ilmiah ini dimungkinkan adanya kebebasan sepanjang konsistensinya tetap terjaga.

Download Pedomannya di sini

Munas BKKMTKI Dibantu Tim Medis TBM FK-UMI

tariCitizen Reporter, Ansharia Hafran ST MT, Wakil Dekan 3 Fakultas Teknologi Industri, Melaporkan dari Makassar TRIBUN-TIMUR.COM -Pelaksanaan Musyawarah Nasional Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI) yang dilaksanakan di Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang diselenggarakan pada tanggal 10-15 Maret 2014 berlangsung aman dan lancar.

Kegiatan Munas ini diikuti oleh 132 peserta dari 21 Perguruan Tinggi Teknik Kimia se-Indonesia ini juga dibantu oleh Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran UMI, bantuan dan kesigapan TBM FK-UMI ini berkat perhatian dan bantuan dari Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran UMI Dr dr Nasruddin Andi Mappaware SpOG yang sangat memperhatikan dan membantu kelancaran pelaksanaan Munas BKKMTKI Read More »

MoU dengan Lab Klinik Prodia

Dr dr Nasrudin AM, SpOG, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UMI

Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Prodia Lab Klinik, Jumat (7/3) di Aula Aisya FK UMI. Pada kegiatan ini di hadiri oleh Rektor UMI Prof Dr Masrurah M, MA. WR IV UMI Prof Ir Abd Maksud DEA, PhD, Dekan FK UMI Prof dr Syarifuddin Wahid, SpPA(K),SpF,PhD dan para wakil Dekan, staf Dosen Yayasan Wakaf FK UMI serta mahasiswa klinik dan praklinik. Dari pihak Prodia hadir Vice President Marketing Prodia, Dra Luscia Panggajaya, Kepala Prodia Makassar, Indri M Wulandari.

Kegiatan penandatangan MoU tersebut juga dirangkaian dengan pelaksanaan Seminar Penelitian. Tujuan utama kerjasama ini adalah dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan Penelitian ditingkat Fakultas Kedokteran UMI. Read More »

Pelantikan Dekan Fakultas Kedokteran

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof Dr Masrurah Mochtar, MA melantik dua dekan baru UMI yakni Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), H Zakir Sabara, ST, MT dan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Prof dr H Syarifuddin Wahid, PhD, SpPA(K), SpF dalam acara Pelantikan Pejabat dan Penerima Amanah UMI, Jumat (7/3/2014) di Auditorium Al Jibra UMI.

Dalam sambutannya Rektor UMI, Prof Masrurah menyampaikan agar selama kepemimpinan dua dekan yang baru dilantik tetap mengutamakan nilai-nilai keislaman di fakultasnya masing-masing. “Dengan nilai keislaman tersebut diharapkan dapat menjadi petunjuk selama memegang amanah yang telah diberikan. Dekan FK UMI mendapatkan amanah kedua kalinya, sementara Dekan FTI mendapatkan amanah yang naru. Semoga senantiasa saling melengkapi untuk mengembangkan UMI sebagai tanggung jawab bersama,”ujarnya.

Lebih lanjut, Prof Masrurah mengajak seluruh sivitas akademika UMI senantiasa berupaya untuk memberikan sumbangsih untuk membesarkan UMI lebih baik karena begitu besarnya kepercayaan masyarakat terhadap UMI. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya beberapa tokoh nasional di UMI menjadi pembicara dalam kuliah umum. (*)

Protected: daftar materi kuliah 2013/2014

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Peresmian OSCE Centre

osce-fk-umi-2Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) kini memiliki fasilitas Objective Structure Clinical Examintaion (OSCE) Center, setelah diresmikan, Selasa (17/2/2014). Peresmian OSCE Center tersebut dihadiri Pengurus Yayasan Wakaf UMI, rektor UMI Prof Dr Masrurah Mukhtar, para wakil rektor, pimpinan fakultas, dosen serta mahasiswa fakultas kedokteran.

Fasilitas tersebut berlokasi di lantai 6 menara UMI. OSCE Center merupakan  fasilitas pendukung untuk ujian Nasional Uji kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). Berdirinya OSCE Center juga semakin melengkapi fasilitas yang ada di FK UM, dimana sebelumnya juga telah diresmikan Fasilitas Computer Based Test (CBT) dengan unit pendukung 100 unit komputer.

“Untuk lulus menjadi Dokter mahasiswa Kedokteran secara nasional wajib untuk melulusi UKDI dgn dua tes yaitu uji pengetahuan di CBT dan Uji keterampilan di OSCE Center. Alhamdulillah FK UMI telah memiliki kedua fasilitas tersebut,” kata Dekan FK UMI Prof Dr Syarifuddin Wahid, SpPA(K),SpF, DFM, PhD saat peresmian OSCE Center, Selasa (18/2/2014).

OSCE Center terdiri atas 24 station, sehingga memungkinkan untuk digunakan dua shift, masing-masing untuk 12 orang. Kedepan seluruh mahasiswa profesi dalam bidang kesehatan seperti  kedokteran, kebidanan dan keperawatan juga akan menggunakan fasilitas ini saat uji kompetensi

AMSA Gelar Medical Explore 2014 di Jepang

amsa-umiPengurus Asian Medical Students’ Association Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (AMSA-UMI) Makassar mengikuti Medical Explore 2014 di Jepang. Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa (pengurus dan anggota AMSA UMI), Wakil Dekan III FK UMI Dr dr Nasrudin AM SpOG  dan Wakil Dekan IV FK UMI Drs M Said P MAg, Ketua Persatuan Orang Tua Mahasiswa dan Dosen (POMD FK UMI) dr Armyn A Oesman SpOG), staf dosen, dan  karyawan FK UMI.

Di Jepang, kami melakukan kunjungan di  Fakultas Kedokteran dan RS Pendidikan di University of Tsukuba Jepang. Acara ini dikemas dalam bentuk Medical Explore dengan tema  You Never Know If You Never Try.

Selain itu, sebagai ajang studi banding dan silaturahmi antar mahasiswa kedokteran Asia (Asian Medical Students’ Association) AMSA-UMI dengan Tsukuba International Medical Students’ Association (TIMSA) Jepang. Read More »

Pimpinan FK UMI Kunjungi Beberapa Fakultas Kedokteran di Malaysia

drNasFakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) Makassar berkunjung ke beberapa Fakultas Kedokteran di Malaysia. Kunjungan FK UMI ini berlangsung sejak 15 -19 Desember 2013.

Adapun jumlah tim FK UMI yang berkunjung sebanyak 14 orang. Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Rektor V UMI Dr Arfah Siddiq MA, Dekan FK UMI Prof Dr dr Syarifuddin Wahid SpPA SpF PhD, Wakil Dekan I FK UMI Dr dr St Maisuri T Chalid SpOG(K), Wakil Dekan II FK UMI dr Suliati P Amir SpM, Wakil dekan III FK UMI 3 Dr dr Nasrudin SpOG, dan Wakil Dekan IV FK UMI Drs M Said MAg. Selain itu, ada juga beberapa staf Dosen Medical Education Unit dan Clinical Education Unit, serta staf pegawai. Read More »

Seminar Prospek Beasiswa Pendidikan Spesialis di USA

kaplanKaplan Medical bekerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) menggelar Seminar Prospek Beasiswa Pendidikan Spesialis di USA di Aula Aisya, Lantai 2 FK UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (24/10/2013).

“Seminar sehari ini menerangkan tentang bagaimana dokter alumni FK Unhas dan UMI bisa melanjutkan pendidikan spesialis di Amerika Serikat,” ujar Ketua Panitia yang juga Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK UMI, Dr dr Nasrudin AM SpoG kepada tribun-timur.com. Read More »